Pendidikan

Empat Prodi di UKDW Terima Hibah MBKM

Senin, 19 April 2021 - 21:45
Empat Prodi di UKDW Terima Hibah MBKM Empat Program Studi (Prodi) UKDW Yogyakarta menerima hibah dari MBKM. (Foto: Dok. UKDW)

TIMES PALANGKARAYA, YOGYAKARTA – Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menerima Program Bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2021. Program bantuan ini diberikan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sebanyak empat Program Studi (Prodi) di UKDW mendapatkan pendanaan ini. Prodi tersebut adalah Prodi Akuntansi, Prodi Filsafat Keilahian, Prodi Manajemen dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Hal ini diumumkan oleh Ditjen Dikti Kemdikbud.

UKDW Yogyakarta 3

Kepala Biro Kerjasama dan Relasi Publik UKDW, Dr phil Lucia Dwi Krisnawati menyebutkan bahwa kunci keberhasilan perguruan tinggi dalam mengimplementasikan kebijakan MBKM adalah adanya kurikulum yang adaptif, menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Diperlukan kolaborasi dan kerja sama antara prodi dengan pihak industri, pemerintah daerah, perguruan tinggi lain dan organisasi nirlaba yang dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran mahasiswa. Melalui hibah ini, prodi diharapkan dapat mengembangkan kurikulumnya sesuai dengan kebijakan MBKM sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan sejalan dengan kebutuhan dunia kerja,” kata Lucia, Senin (19/4/2021).

Dalam panduan Program Bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka disebutkan bahwa perguruan tinggi juga dituntut untuk menyusun target dan mengembangkan program untuk pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) sesuai Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri Dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Delapan IKU yang telah ditetapkan adalah kesiapan kerja lulusan, kegiatan belajar mengajar mahasiswa di luar kampus, kegiatan trifarma dosen di luar kampus, persentase dosen tetap, penerapan riset dosen, kemitraan akademik, pembelajaran di kelas dan akreditasi internasional. Kurikulum berbasis capaian atau Outcome Based Education (OBE) yang dikembangkan prodi akan diorientasikan untuk menghasilkan lulusan berkualitas dengan mengimplentasikan program MBKM.

Sebelumnya, UKDW Yogyakarta juga menerima Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Tahun 2020 untuk Prodi Arsitektur dan Prodi Desain Produk. Sampai saat ini, total ada enam prodi di UKDW Yogyakarta yang menerima hibah MBKM. (*)

Pewarta : Hendro Setyanto Baskoro
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Palangkaraya just now

Welcome to TIMES Palangkaraya

TIMES Palangkaraya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.