Gaya Hidup

4 Langkah Mudah Biar Rumah Gak Berantakan

Rabu, 23 Juni 2021 - 03:23
4 Langkah Mudah Biar Rumah Gak Berantakan Rumah berantakan. (Foto: SHUTTERSTOCK/PROSTOCK-STUDIO)

TIMES PALANGKARAYA, JAKARTARumah berantakan sudah menjadi kebiasaan buruk bagi sebagian orang di dunia. Banyak dari mereka hanya menyimpan tumpukan barang-barang yang tidak mereka butuhkan, bahkan beberapa ada yang menyimpan sampah. Dan itu membuat mereka sulit untuk memiliki rumah yang bersih dan jauh dari kata rapi.

Beberapa orang akan mengalami kesulitan untuk mengubah kebiasaan ini. Tidak dipungkiri, terkadang beberapa orang hanya akan merapikan rumah mereka saat ada tamu datang apalagi jika orang tua atau mertua yang datang. Semua dirapikan dan dilap. Tapi setelah mereka pergi rumah mulai berantakan lagi.

Namun, ada cara mudah untuk terbebas dari rumah yang berantakan. Yang perlu Anda lakukan adalah ketekunan dan komitmen untuk melakukan semua langkah mudah tersebut. Nah, apa saja langkah mudah tersebut? Simak caranya berikut

1. Yakin

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah percaya bahwa anda bisa memiliki rumah yang bebas dari kata berantakan, bersih dan rapi. Melihat rumah berantakan tentunya akan mengganggu kesehatan jiwa terutama emosi. Anda akan sering uring-uringan, merasa tak bahagia dan tertekan.

Yang perlu Anda lakukan adalah percaya bahwa anda mampu memperbaikinya dengan cara merapikan dan membersihkannya satu demi satu.  Mulai dari laci pernak pernik, hingga semua tumpukan pakaian, dan semua barang yang sudah masuk kardus. Yakinlah bahwa anda akan mampu menyelesaikannya semuanya dalam hitungan hari.

2. Singkirkan benda tak terpakai

Menyingkirkan benda-benda tak terpakai memang akan sulit, apalagi jika barang-barang tersebut memiliki sisi sentimental atau kenangan di dalamnya. Namun anda harus melakukannya.

Mulailah dari  benda-benda yang tak pernah anda sentuh dalam setahun atau setidaknya dalam 6 bulan terakhir. Koleksi buku, koleksi pakaian, sepatu, pernak pernik, atau barang yang sudah bertahun-tahun ada dalm kardus.

3. Mulai dari ruangan yang paling mudah

Anda bisa memulainya dari kamar anda atau ruang tamu. Jika ruangan tersebut sudah selesai dan terlihat bersih dan rapi, maka anda akan merasakan ada tambahan energi untuk memebersihkan ruangan lainnya. 

4. Mempertahankan kebiasaan

Setelah semua ruangan bersih dan rapi hal yang paling sulit adalah menjaganya tetap seperti keadaanya saat ini. Karena suatu saat, seseorang akan merasa capek dan lelah untuk bersih-bersih, dan hanya ingin langsung rebahan sesampainya di rumah.

Namun anda dapat memulainya dari hal yang sederhana seperti membiasakan diri tetap  menggantungkan kunci di tempat yang telah ditentukan, jangan menggantung pakaian bekas dan langsung masukkan ke bak pakaian kotor, dan jangan lagi membeli dan menumpuk barang yang tidak anda butuhkan atau yang tidak akan anda pakai.  Dengan begini, anda akan memiliki rumah cantik bersih dan rapi tak berantakan. (*)

Pewarta :
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Palangkaraya just now

Welcome to TIMES Palangkaraya

TIMES Palangkaraya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.