Gaya Hidup

Godhokan Sirih Ampuh Redakan Radang Tenggorokan

Rabu, 20 Januari 2021 - 02:29
Godhokan Sirih Ampuh Redakan Radang Tenggorokan Daun sirih untuk mengurangi gejala radang tenggorokan (FOTO: FreeImages.com)

TIMES PALANGKARAYA, JAKARTARadang tenggorokan salah satu gejala penyakit yang menyerang area tenggorokan. Radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh bakteri maupun virus. 

Radang tenggorokan biasanya memberikan sensasi gatal dan panas di area tenggorokan. Beberapa orang merasa sulit menelan bahkan demam. Tentunya sangat tidak nyaman ya. 

Segera perbanyak minum air putih hangat untuk mengatasi radang tenggorokan. Selain itu, And dapat menggunakan ramuam alami daun sirih. 

Ya air rebusan atau godhokan daun sirih dinilai ampuh hilangkan gejala radang tenggorokan. Daun sirih punya senyawa anti radang. 

Zaman dahulu orang tua kita telah mengenal daun sirih sebagai obat sariawan. Kini telah banyak produsen yang membuat ekstrak daun sirih untuk obat kumur, maupun pasta gigi. 

Lalu bagaimana cara membuat rebusan daun sirih yang praktis di rumah?

Siapkan 5 lembar daun sirih, 3 ruas jahe, 10 gr asam jawa, 75 gr gula aren dan air sebanyak 1000 cc. 

Cuci bersih semua bahan dengan air mengalir. Iris tipis daun sirih, parut jahe. 

Rebus jahe, asam jawa dan gula aren dengan api sedang hingga mendidih. Setelah mendidih dan sedikit berubah warna, masukkan irisan daun sirih. Masak lagi selama 10 menit. 

Setelah matang, tunggu hingga hangat. Jamu godhokan daun sirih dapat diminum 2 kali sehari. 

Selain mengatasi radang tenggorokan, jamu godhokan sirih ini juga dapat menghilangkan bau mulut, obati keputihan, dan menghilangkan bau badan. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Palangkaraya just now

Welcome to TIMES Palangkaraya

TIMES Palangkaraya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.