Berita

ACT Cirebon Kirimkan 13 Truk Bantuan Sembako untuk Korban Bencana di Kalsel dan Sulbar

Senin, 25 Januari 2021 - 21:13
ACT Cirebon Kirimkan 13 Truk Bantuan Sembako untuk Korban Bencana di Kalsel dan Sulbar Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati dan Renno Mahmudin melepas 13 truk bantuan yang akan dikirim ke Sulbar dan Kalsel. (Foto: Ayu Lestari/ TIMES Indonesia)

TIMES PALANGKARAYA, CIREBON – Aksi Cepat Tanggap atau ACT Cirebon mengirimkan bantuan sosial berupa sembako untuk korban bencana alam di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

Dalam waktu kurang dari sepekan, ACT berhasil mengumpulkan total bantuan sembako sebanyak 130 ton berbagai jenis sembako dan terdapat 10 ton beras pada 12 truk dan satu truk berisi pakaian baru.

Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cirebon, Ade Rully Supriatna mengatakan bantuan tersebut terhimpun berkat kerjasama para donatur ACT dan seluruh masyarakat Cirebon dan dari wilayah 3 yang peduli terhadap sesama.

ACT Cirebon a

"Sebanyak 130 ton bahan bantuan akan didistribusikan kepada masyarakat korban gempa yang ada di Majene Sulawesi Barat dan korban banjir di Kalimantan Selatan. 120 ton beras dan 10 ton bahan bantuan lain seperti sembako, air minum, dan pakaian baru," ucapnya, Senin (25/1/2021).

Rully mengungkapkan dalam pengumpulan donasi pihaknya telah berkolaborasi dengan berbagai komunitas yang ada di Cirebon. Seperti komunitas Kemanusiaan Cirebon, Bikers, Hena, Pecinta Alam, dan Donatur ACT yang sudah loyal menyisihkan hartanya melalui ACT.

"Bantuan ini akan kita akan dikumpulkan ke Humanity Distribution Center (HDC) sekitar Gunung Sindur, dari situ akan diberangkatkan menuju Tanjung Priok, kapal tersebut berisi bantuan dari warga atau donatur yang terhimpun dari Jawa Barat, Jakarta, dan Banten," katanya.

Setelah itu, lanjutnya, pihaknya akan mengirimkan kembali bantuan melalui kapal kemanusiaan ACT yang ke dua, ketiga, dan seterusnya, hingga pihaknya bisa betul-betul membantu sesama.

"Kita memberikan bantuan kemanusiaan untuk di luar pulau Jawa juga, tapi ACT konsen terhadap bencana yang ada di sekitar wilayah Cirebon. Kita juga ada bantuan di Panguragan, Celancang/Suranenggala, dan Slangit," paparnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Kota Cirebon, Eti Herawati mengungkapkan rasa terima kasih serta memberikan apresiasi terhadap pihak ACT yang telah sukses mengadakan kegiatan amal tersebut.

"Saya atas nama pribadi dan Pemkot berterima kasih dan sangat bangga dengan adanya kegiatan ini, meskipun baru 2 tahun ACT ada di Cirebon, tapi kiprah sosialnya luar biasa," ujarnya.

Mudah-mudahan, tambah Eti, kegiatan itu dapat bermanfaat untuk saudara kita yang terkena musibah. Adapun, sebelumnya kegiatan sosial yang bersifat kecil sudah sering dilakukan, namun kali ini kegiatannya lebih besar.

"Kami memberikan dukungan untuk kegiatan ACT Cirebon yang tentunya positif. Dan terima kasih kepada semua pihak termasuk donatur yang sudah," tandasnya. (*)

Pewarta : Ayu Lestari (MG-292)
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Palangkaraya just now

Welcome to TIMES Palangkaraya

TIMES Palangkaraya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.