Berita

12 Warga Afghanistan Jadi Korban Ledakan Masjid Saat Shalat Jumat

Jumat, 14 Mei 2021 - 20:15
12 Warga Afghanistan Jadi Korban Ledakan Masjid Saat Shalat Jumat Ilustrasi - Bom meledak di sebuah masjid di Kabul saat sedang berlangsung sholat Jumat. (Foto: AP Photo/Arshad Butt)

TIMES PALANGKARAYA, JAKARTA – Sebanyak 12 orang menjadi korban dalam ledakan di dalam sebuah masjid di Kabul, Afghanistan pada Jumat, 14 Mei 2021. Ledakan terjadi saat, warga menunaikan shalat Jumat di hari kedua Idul Fitri 1442 H. 

Menurut informasi dari Reuters, Juru Bicara Kepolisian Kabul, Ferdous Faramarz, mengatakan imam Masjid ikut terbunuh dalam serangan yang melukai setidaknya 15 orang tersebut. Namun, Faramarz tidak menyebut masjid yang jadi sasaran aksi teror.

Sampai saat ini, beluma ada pihak yang mengklaim sebagai pelaku serangan. Ledakan yang terjadi Jumat ini, terjadi kurang dari seminggu setelah terjadi ledakan di sebuah sekolah di Afganistan menewaskan 80 orang dengan mayoritas korban merupakan murid dari etnik muslim minoritas Hazara Syiah.

Taliban mengutuk serangan di sekolah itu dan hingga saat ini tidak ada pihak yang mengaku bertanggung jawab. Taliban sendiri juga telah mengumumkan gencatan senjata selama tiga hari pertama Idulfitri.

Pemerintah Amerika Serikat menduga pelaku berasal dari salah satu partai militan saingan lainnya, seperti ISIS. Kekerasan terhadap warga sipil semakin meningkat di Afghanistan, bahkan ketika Amerika Serikat telah memulai operasi untuk menarik semua pasukannya yang tersisa selama empat bulan ke depan.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden pada 14 April 2021 lalu juga mengumumkan penarikan penuh pasukan Amerika Serikat dari Afghanistan selambat-lambatnya pada 11 September 2021 mendatang. Penarikan pasukan AS dari Afghanistan bertujuan untuk menutup buku tentang perang terpanjang Amerika. 

Hal itu karena para kritikus memperingatkan bahwa perdamaian tidak ada artinya setelah pertempuran selama 20 tahun. Presiden AS Joe Biden juga menyebutkan bahwa pihaknya tidak akan memperpanjang atau memperluas kehadiran militer kami di Afghanistan dengan harapan dapat menciptakan kondisi ideal. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Palangkaraya just now

Welcome to TIMES Palangkaraya

TIMES Palangkaraya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.